Membangun Aset di Bisnis Jaringan

Judul :
Membangun Aset di Bisnis Jaringan

Pengarang :
dr Sigit Setyawadi, SpOG
 Membangun Aset di Bisnis Jaringan

9 comments:

  1. Bisnis network marketing memberikan peluang sukses bagi siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, latar belakang, usia, pendidikan, pengalaman kerja dan sebagainya. Banyak orang-orang kaya di dunia yang merekomendasikan network marketing atau multi level marketing bagi anda yang ingin mewujudkan impian tapi tidak punya modal besar.

    Pengusaha kaya seperti Robert T Kiyosaki, Donald Trump, Bill gate, Paul Zane Pilzer, Franklin Covey dan masih banyak lagi merekomendasikan multi level marketing.

    ReplyDelete
  2. Bisnis tanpa sebuah jaringan atau networking adalah sebuah hal yang mustahil. Kenyataannya, setiap bisnis selalu memerlukan jaringan karena sebuah bisnis tidak dapat berdiri sendiri. Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika sebuah perusahaan memiliki banyak jaringan, diantaranya, mampu meningkatkan penjualan, menambah koneksi dan relasi, menjadi solusi bagi persoalan bisnis, dapat menambah wawasan atau memperluas pengetahuan bisnis.

    ReplyDelete
  3. Bisnis jaringan atau networks adalah kegiatan sosial ekonomi dimana kelompok pengusaha mengenali, menciptakan, atau bertindak terhadap peluang bisnis. Sebuah jaringan usaha adalah jenis jaringan sosial yang ada dan menjadi alasan untuk kegiatan bisnis. Ada beberapa organisasi jaringan bisnis terkemuka yang menciptakan model aktivitas jaringan yang jika diikuti akan memungkinkan orang bisnis untuk membangun hubungan bisnis baru dan menghasilkan peluang bisnis pada saat yang sama. Sebuah layanan jaringan profesional merupakan implementasi teknologi informasi untuk mendukung jejaring bisnis. Banyak pengusaha berpendapat jaringan bisnis adalah metode yang lebih efektif dengan biaya rendah untuk menghasilkan bisnis baru daripada iklan atau upaya PR.

    Hal ini karena jaringan bisnis adalah kegiatan murah yang melibatkan lebih banyak komitmen pribadi dari perusahaan. Bisnis jaringan dapat dilakukan dalam komunitas bisnis lokal, atau pada skala yang lebih besar melalui Internet. Situs bisnis jaringan telah berkembang selama beberapa tahun terakhir karena kemampuan Internet untuk menghubungkan orang dari seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan Internet sering membuat lead bisnis untuk dijual ke perusahaan besar dan perusahaan mencari sumber data. Contoh di Indonesia adalah bagaimana PT Capriasi Multinasional Sejahtera (Capriasi), sebuah perusahaan fashion yang menggunakan jalur pemasaran multi level marketing (MLM) dapat memangkas biaya setelah memanfaatkan aplikasi Oracle. Teknologi informasi (TI) merupakan infrastruktur yang amat penting bagi Capriasi kini. Karena sistem keanggotaan dan perhitungan bonus tidak bisa lagi dilakukan secara manual, melainkan melalui komputer. Sebelumnya Capriasi sempat takut mengembangkan jaringan bisnisnya saat member menjadi 80 ribu orang. Menambah member berarti cost jadi berlipat-lipat besarnya. Dengan Oracle, tidak ada lagi ketakutan itu. Jumlah member kini menjadi 160 ribu orang, nilai bisnis tetap meningkat dan cost tetap terkendali.

    ReplyDelete
  4. "KEUNGGULAN BESAR" bisnis pemasaran jaringan adalah Anda tetap bisa bekerja dan sekaligus membangun bisnis sendiri secara paruh waktu. Investasi dan resikonya juga jauh lebih KECIL serta tersedia pendidikan dan dukungan yang membimbing Anda meraih kesuksesan. Selain itu, sistem pemasaran jaringan adalah PIRAMIDA TERBALIK sehingga puncak sistemnya terbuka bagi siapa saja. Tidak seperti sistem korporat tradisional yang berbentuk piramida, yang hanya mengijinkan satu orang mencapai puncak perusahaan." (Robert T. Kiyosaki, "Rich Dad's The Business School For People Who Like Helping People")

    Bisnis network marketing atau pemasaran jaringan ternyata memiliki BANYAK keunggulan besar. Bahkan penulis buku terkenal "Rich Dad Poor Dad", Robert T. Kiyosaki, meruntuhkan prasangka banyak orang selama ini yang menganggap bisnis pemasaran adalah bisnis bersistem piramida yang hanya menguntungkan orang yang berada di puncak bisnis tersebut.

    Dalam bukunya, "Rich Dad's The Business School For People Who Like Helping People" Kiyosaki justru menyatakan sistem pemasaran jaringan adalah piramida terbalik. Artinya, fokus utama bisnis ini adalah membawa makin banyak orang di kuadran business owner menuju puncak atau dengan kata lain puncak sistem terbuka bagi siapa saja.

    ReplyDelete
  5. Dalam sebuah perumpamaan yang sederhana, jika di dunia ini terdapat hanya satu buah telepon maka tidak ada nilai ekonomis pada telepon tersebut. Namun jika ada 2 telepon, menurut Hukum Metcalf nilai ekonomisnya menjadi pangkat 2. Dan bila ada telepon ketiga, maka nilai ekonomis jaringan itu sekarang 9. Artinya, nilai ekonomis sebuah jaringan naik menurut DERET UKUR, bukan deret hitung. Dan inilah yang menjadi kekuatan dan nilai bisnis jaringan.

    ReplyDelete
  6. Input sebuah kegiatan usaha yang paling penting ialah minat. Faktor dana modal dan pengetahuan bisa dicari setelah ada kemauan kuat dari dalam diri seseorang. Perencanaan matang memang diperlukan untuk memulai bisnis agar menghasilkan keuntungan. Keterbatasan dana dan ilmu bukan penghalang bagi Anda yang mau bekerja keras. Kemodernan jaman mempermudah segalanya, jaringan internet kini sudah banyak yang digratiskan.

    ReplyDelete
  7. Tak kenal maka tak sayang, begitu kali ya ungkapan yang paling pas untuk menggambarkan bisnis MLM.

    Dulu sebelum saya join dan bergabung dalam bisnis Oriflame. Saya gak pernah tau dan gak pernah minat dengan namanya dunia MLM, "MLM? bukan gue banget!". Alasannya simple, saya gak bisa jualan, saya gak suka nawarin ke orang, saya gak bisa ngajak orang, saya gak punya temen banyak, saya gak suka, yang inti dari semua penolakan itu semua adalah SAYA GENGSI!

    Kesannya susaaaaaaaaaah banget gitu ya, harus nawar-nawarin sesuatu ke orang, harga diri booo hahahhaha, konyol banget! Gue cuma bisa beli aja deh, susah buat jualan, itu yang selalu gue bilang. Kesannya kasta sebagai pembeli jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kasta seorang penjual. Padahal tanpa saya sadari, pada saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, saya juga 'menjual' diri saya kepada si perusahaan yang saya 'taksir'. Kalau si perusahaan cocok dan suka dengan saya, maka saya akan 'dibeli' oleh perusahaan itu. Jadi yang sebenarnya, naluri berdagang itu sudah ada di diri kita tapi ketutup sama yang namanya GENGSI hehhee.

    ReplyDelete
  8. Membangun bisnis MLM bukanlah perkara mudah seperti yang digembar-gemborkan orang.

    Mendapat uang cepat, mendapat barang mewah, keliling dunia, dan lain sebagainya bukanlah hal yang bisa dengan mudah kamu dapatkan.

    “Terus apakah semua itu bohong?” Ngga juga.

    Semuanya bisa kamu dapatkan jika kamu mau bekerja keras dan kreatif dalam membangun bisnis jaringanmu.

    ReplyDelete
  9. Jalinan relasi sebuah bisnis bisa dibangun melalui dua jalur. Pertama jalur bisnis yang menghubungkan setiap individu sebagai perwakilan bisnis dengan perwakilan bisnis lainnya. Biasanya acara-acara seperti pitching, festival startup atau acara formal yang terselenggara merupakan awal terbentuknya sebuah jaringan.

    Jalur kedua untuk membangun relasi ini adalah jalur personal atau individu. Ini bisa berawal dari komunitas, kenalan dan lain sebagainya. Butuh usaha yang besar, karena tidak semua orang bisa betah dalam acara atau kesempatan untuk membangun networking.

    Membangun jaringan memang bisa diawali dari dengan berkenalan dan ngobrol santai pada event-event bisnis atau networking. Namun kenyataannya membangun jaringan lebih dari itu. Kenal dan pernah berbincang saja tidak cukup, butuh beberapa hal yang lebih intens dan lebih dalam.

    ReplyDelete